Teknologi dasar yang memungkinkan komunikasi global adalah Protokol Internet, atau IP. Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki alamat IP unik yang memungkinkannya mengirim dan menerima file.
File dipecah menjadi blok yang dikenal sebagai paket untuk ditransmisikan melalui jaringan ke tujuan mereka, yang juga memiliki alamat IP yang unik. Sebagian besar jaringan menggunakan IP Versi 4 (IPv4).
Pada April 2014, ARIN, kelompok yang mengawasi alamat Internet, melaporkan bahwa alamat IPv4 hampir habis, membuatnya mendesak bahwa perusahaan pindah ke IPv6 yang lebih baru (Gambar 4.1). Perusahaan perlu mempersiapkan protokol 128-bit karena beralih dari IPv4 ke IPv6 bukan hal sepele.
Gambar dibawah Alamat IPv4 memiliki 4 kelompok dengan empat karakter alfanumerik, yang memungkinkan 232 atau sekitar 4,3 miliar alamat IP unik.
Alamat IPv6 memiliki 8 grup alfanumerik, yang memungkinkan untuk 2128, atau 340 triliun, triliun, triliun alamat. IPv6 menawarkan juga peningkatan kualitas layanan yang dibutuhkan oleh video, game interaktif, dan ecommerce terbaru
Fundamentals of Data Networks
Kapasitas dan kemampuan jaringan data memberikan peluang untuk operasi yang lebih otomatis dan strategi bisnis baru. Komunikasi M2M melalui jaringan nirkabel dan kabel mengotomatisasi operasi, misalnya dengan memicu tindakan seperti mengirim pesan atau menutup katup. Kecepatan pengiriman data tergantung pada bandwidth jaringan.
Bandwidth adalah kapasitas komunikasi suatu jaringan. Bandwidth adalah jumlah data yang melewati koneksi jaringan dari waktu ke waktu sebagaimana diukur dalam bit per second (bps).
Bandwidth digunakan di kedua arah, untuk uploads and downloads.
Network speed tergantung pada jumlah lalu lintas. Aliran data dengan cepat dan lancar ketika volume lalu lintas di jaringan relatif kecil dibandingkan dengan kapasitasnya.
Basic functions of business networks
Network Terminology
-Bandwidth
Merupakan besarnya data yang dikirimkan via internet dalam satuan bit / detik.
Semakin besar bandwidth, maka semakin powerful pula jaringan internet.
Bandwidth tergantung pada protokol jaringan.
-Protocol
Protokol adalah aturan dan standar yang mengatur bagaimana perangkat pada data pertukaran jaringan dan “berbicara satu sama lain.”
-TCP/IP
Metode atau cara dimana suatu data dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain melalui sebuah jaringan komunikasi. Protokol ini didukung oleh setiap sistem operasi jaringan utama untuk memastikan bahwa semua perangkat di internet dapat berkomunikasi.
-Alamat IP
Alamat identitas unik yang wajib dimiliki setiap perangkat yang melakukan komunikasi via jaringan.
-Fixed-line Broadband
Koneksi internet menggunakan kabel atau juga DSL.
-3G
Jaringan 3G mendukung layanan multimedia dan broadband, melakukannya melalui jarak yang lebih luas, dan dengan kecepatan yang lebih cepat daripada generasi 1G dan 2G sebelumnya.
Jaringan 3G memiliki jangkauan yang jauh lebih besar karena mereka menggunakan koneksi satelit besar ke menara telekomunikasi.
-Mobile Broadband
Beragam tipe cara koneksi ke internet, bisa via modem portable, seluler, atau perangkat lain.
-4G
Jaringan 4G adalah digital, atau IP, jaringan yang memungkinkan transfer data lebih cepat dengan memberikan rata-rata tingkat kecepatan download 3 Mbps atau lebih tinggi menggunakan bandwidth atau broadband.
-5G
Next-generation dari jaringan komunikasi telepon seluler.
Business Uses of Near-Field Communication
Near-field communication (NFC) memungkinkan dua perangkat dalam jarak dekat untuk membentuk saluran komunikasi dan mentransfer data melalui gelombang radio. NFC adalah teknologi sadar-lokasi yang lebih aman daripada teknologi nirkabel lainnya seperti Bluetooth dan Wi-Fi. Tidak seperti RFID, NFC adalah alat komunikasi dua arah.
Application Program Interfaces and Operating Systems
Interface adalah batas tempat dua sistem terpisah bertemu. API menyediakan cara standar untuk berbagai hal, seperti perangkat lunak, konten, atau situs web, untuk berbicara satu sama lain dengan cara yang sama-sama mereka pahami tanpa pemrograman ekstensif.
Wireless Networks and Mobile Infrastructure
Dalam ekonomi global abad ke-21, jaringan nirkabel yang canggih merupakan fondasi yang menjadi tempat berlangsungnya aktivitas ekonomi global. Jaringan dan teknologi 3G dan 4G menyediakan fondasi yang menggerakkan seluruh perekonomian.
Trafik data mobile global diperkirakan akan meningkat hampir 11 kali lipat antara tahun 2013 dan 2018. Trafik data mobile akan tumbuh dengan laju pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 61 persen dari tahun 2013 hingga 2018, mencapai 15,9 exabyte (EB) per bulan pada tahun 2018, menurut Cisco Visual Networking Index (VNI)
Pembangunan Strategis Kemampuan Mobile
Perusahaan beralih dari adopsi perangkat mobile dan infrastruktur jaringan yang bersifat ad hoc ke perencanaan yang lebih strategis untuk membangun kemampuan mobile mereka.
Karena teknologi yang membentuk infrastruktur mobile, mengidentifikasi teknologi strategis dan menghindari investasi yang sia-sia membutuhkan perencanaan dan perkiraan yang lebih luas.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan adalah tuntutan jaringan dari perangkat seluler yang multi-tasking, OS seluler yang lebih kuat, dan aplikasinya.
Infrastruktur mobile
Infrastruktur mobile terdiri dari integrasi teknologi, perangkat lunak (software), dukungan keamanan, dan perangkat untuk mengelola dan mengatur komunikasi wireless tersebut.
Wi-Fi
(Wireless Fidelity)
Wi-Fi merupakan metode standard suatu komputer terhubung ke jaringan nirkabel.
Sekarang ini hampir semua komputer (khususnya laptop) memiliki fitur chip Wi-Fi internal yang telah tersemat di dalamnya, sehingga bisa disambungkan secara nirkabel ke wireless router.
Router harus terhubung ke internet untuk menyediakan akses internet ke perangkat (laptop/HP/tablet) yang terhubung.

Standard Teknologi Wi-Fi
Wi-Fi merupakan NAMA teknologi komunikasi nirkabel.
Mayoritas perangkat Wi-Fi sekarang ini menggunakan standard yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers).
802.11 adalah nama resmi dari standard yang dikeluarkan oleh IEEE terkait dengan teknologi nirkabel.
802 maknanya Projek 802 (1980 Februari – first meeting)
11 merupakan kode untuk group di IEEE yang fokus meneliti tentang Wireless LAN dan Mesh.
Wi-Fi Networking Standard (by IEEE):
802.11
802.11a
802.11b
802.11g
802.11n
802.11ac
Bluetooth merupakan teknologi komunikasi nirkabel untuk jarak dekat (dapat mencapai 100 meter).
Mudah ditemukan di berbagai peralatan elektronik, seperti smartphone, komputer, peralatan medis, dan produk home entertainment.
Pairing terjadi ketika dua perangkat berkemampuan Bluetooth terhubung satu sama lain (via Bluetooth).
Wireless Wide Area Networks (WAN)
Terdapat 3 jenis jaringan mobile umum :
Wide Area Networks (WANs) 🡪 untuk komputasi mobile yang dikenal sebagai jaringan area luas nirkabel (WWANS). Jangkauan WWAN tergantung pada media transmisi dan generasi nirkabel, yang menentukan layanan mana yang tersedia.
Komponen infrastruktur nirkabel ada 2 yaitu LAN nirkabel dan WiMAX.
Local Area Networks (LANs)
LAN nirkabel menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi untuk berkomunikasi antar komputer, perangkat, atau node lain di jaringan. LAN nirkabel biasanya memperluas LAN kabel yang ada dengan melampirkan AP nirkabel ke jaringan kabel.
WiMAX
WiMAX broadband nirkabel mentransmisikan suara, data, dan video melalui sinyal radio frekuensi tinggi ke bisnis, rumah, dan perangkat seluler. Dirancang untuk memotong saluran telepon tradisional dan merupakan alternatif untuk kabel dan DSL.
WiMAX didasarkan pada standar IEEE 802.16 dan standar Metropolitan Area Network (MAN). Jangkauannya mencapai 50 mil dan tidak membutuhkan garis pandang yang jelas untuk berfungsi.
Collaboration and Communication Technologies
Collaboration and communication technologies menjadi semakin penting di tempat kerja modern, karena semakin banyak orang bekerja dari jarak jauh atau dalam tim terdistribusi. Namun, mereka juga dapat menimbulkan tantangan keamanan siber dan kepatuhan yang signifikan.
Penting bagi bisnis untuk mengevaluasi dan menerapkan teknologi kolaborasi dengan cermat yang memenuhi kebutuhan spesifik mereka sambil juga memastikan keamanan dan privasi data mereka.
Kolaborasi virtual, juga dikenal sebagai kolaborasi online, adalah metode kolaborasi antara individu atau tim yang terjadi melalui komunikasi yang dimediasi teknologi.
Kolaborasi ini memungkinkan orang untuk bekerja sama, berbagi informasi, dan memecahkan masalah, bahkan ketika mereka tidak secara fisik berada di lokasi yang sama.
Kolaborasi virtual dapat digunakan dalam berbagai pengaturan, seperti kerja jarak jauh, kerja hibrid, dan operasi bisnis global.
Beberapa karakteristik utama kolaborasi virtual meliputi:
-Kolaborator yang tersebar
Anggota tim secara fisik terpisah satu sama lain dan hanya dapat berinteraksi secara virtual. Ini dapat menimbulkan tantangan dalam hal berbagi konteks, membangun hubungan interpersonal, dan mempertahankan rasa koneksi.
-Efisiensi dan inovasi
Kolaborasi virtual banyak digunakan dalam bisnis perusahaan untuk efisiensi, inovasi, dan kemampuannya untuk mendapatkan atau mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar. Ini memungkinkan tim untuk mengerjakan proyek secara bersamaan, mengakses informasi dengan mudah, dan memanfaatkan beragam perspektif.
-Keterbatasan teknologi
Meskipun kolaborasi virtual dapat mensimulasikan interaksi tatap muka sampai batas tertentu, ada batasan teknologi dalam berbagi jenis informasi tertentu, yang dapat memengaruhi efektivitasnya dibandingkan dengan kolaborasi langsung.
Group Work and Decision Processes
Group work and decision processes sangat penting untuk kolaborasi yang efektif dan mencapai hasil yang diinginkan.
Berikut adalah beberapa langkah dan teknik utama yang perlu dipertimbangkan ketika bekerja dalam kelompok:
Tentukan proses pengambilan keputusan
Tentukan Alternatif
Kumpulkan pendapat secara mandiri
Evaluasi dan pilih alternatif terbaik
Lacak keputusan
Pertimbangkan Teknik pengambilan keputusan kelompok
Menyeimbangkan pengambilan keputusan kelompok
Teknologi Komunikasi
Intranet | Ekstranet | Virtual Private Network (VPN) |
Jaringan pribadi dalam suatu organisasi yang digunakan untuk berbagi informasi, komunikasi, kolaborasi, dan mengakses sistem operasional dan layanan komputasi. Ini hanya dapat diakses oleh karyawan dan dirancang untuk menjadi platform yang aman dan terpusat untuk komunikasi internal dan manajemen sumber daya. | Jaringan pribadi terkontrol yang memungkinkan akses ke mitra, vendor, pemasok, atau sekumpulan pelanggan resmi, biasanya ke subset informasi yang dapat diakses dari intranet organisasi. Ini mirip dengan DMZ (zona demiliterisasi) karena menyediakan akses ke layanan yang dibutuhkan untuk pihak yang berwenang tanpa memberikan akses ke seluruh jaringan organisasi. | Koneksi aman antara perangkat komputasi dan jaringan komputer atau antara dua jaringan menggunakan media komunikasi yang tidak aman seperti internet publik. VPN mengenkripsi koneksi antara perangkat dan internet, menciptakan terowongan pribadi untuk data dan komunikasi saat menggunakan jaringan publik.
|
Sustainability and Ethical Issues
Perusahaan termotivasi oleh keuntungan tanpa memperhatikan dampak kerusakan lingkungan. Masyarakat berharap perusahaan menghasilkan keuntungan dan berperilaku secara etis, bertanggung jawab secara social, dan ramah lingkungan. Empat faktor penting untuk melestarikan lingkungan ditunjukkan pada gambar berikut.
Kenaikan Temperatur Global Terlalu Banyak Terlalu Cepat
Pada konferensi iklim PBB tahun 2009 di Kopenhagen, para ahli iklim memperkirakan bahwa negara-negara harus menjaga agar Global Mean Temperature (GMT) tidak meningkat lebih dari 2 C (3,6 F) di atas GMT pra-industri untuk menghindari kerusakan besar pada kehidupan di bumi.
Kerusakan tersebut termasuk kelangkaan air dan makanan, kenaikan permukaan air laut, dan meningkatnya jumlah dan tingkat keparahan penyakit. Hanya dalam tiga tahun, GMT telah meningkat 0,7 C, atau 1,3 F.
Global Warming
Pemanasan global mengacu pada tren kenaikan GMT dan merupakan salah satu masalah paling rumit yang dihadapi para pemimpin dunia.
Meskipun siklus karbon global memainkan peran sentral dalam mengatur CO2 di atmosfer dan dengan demikian iklim bumi, pemahaman para ilmuwan tentang proses biologis yang saling terkait biologis mendorong siklus ini masih terbatas.

Gas Rumah Kaca Menyerap Radiasi Inframerah yang dipancarkan dari Bumi dan Reradiate Kembali, sehingga Berkontribusi pada Efek Rumah Kaca
Mereka tahu bahwa apakah suatu ekosistem akan menangkap, menyimpan, atau melepaskan karbon tergantung pada perubahan iklim dan organisme di biosfer.
Biosfer mengacu pada setiap tempat di mana kehidupan dalam bentuk apa pun dapat hidup di bumi dan terdiri dari beberapa ekosistem.
Pemanasan global terjadi karena efek rumah kaca, yang merupakan penahanan panas di dalam atmosfer bumi. Gas rumah kaca seperti CO2, metana (CH4), dan menyerap radiasi inframerah (RI)

Sustainability Through Climate Change Mitigation
Mitigasi perubahan iklim adalah tindakan apa pun untuk membatasi besarnya perubahan dampak iklim jangka panjang.
Contoh mitigasi yaitu termasuk beralih ke energi terbarukan rendah karbon dan mengurangi jumlah energi yang dikonsumsi oleh pembangkit listrik dengan meningkatkan efisiensinya.
Mobile, Cloud, and Social Carbon Footprint
Banyak orang tidak mengetahui bahwa CO2 dikeluarkan dari smartphone yang digunakan.
Secara sederhana, lonjakan energi digunakan untuk menyalakan pusat data, menara seluler, stasiun pemancar, dan perangkat isi ulang merusak lingkungan dan menghabiskan sumber daya alam.
Penting untuk mengembangkan sistem energi yang menggerakkan ekonomi tanpa meningkatkan suhu global lebih dari 2 derajat Celcius.
Sustainability Initiatives
Upaya yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ini, penyedia layanan kabel dan nirkabel dan perusahaan perlu meng-upgrade jaringan mereka ke infrastruktur semua IP generasi berikutnya yang dioptimalkan dan dapat diskalakan.
Jaringan harus menyediakan transportasi lalu lintas yang ramah lingkungan dan memberikan layanan yang lebih cerdas, andal, aman, efisien, dan dengan biaya terendah.
Teknologi yang memungkinkan manusia untuk terus terhubung ini telah mengaburkan batas antara pekerjaan, sosial dan waktu pribadi.
IT telah berhasil meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup manusia. Tapi, IT juga berperan besar terhadap hilangnya ‘personal time’ pada sebagian besar manusia yang menggunakannya.
IT membuat manusia menjadi produktif karena dengan IT seseorang bisa melakukan banyak hal sekaligus dengan cepat. Namun kualitas dan keselamatan dari suatu pekerjaan kini menjadi taruhannya.
Pertimbangan Etis dari Manusia yang sangat Terhubung
4 trend dalam penambahan dan kehidupan di luar kendali :
Momen Mikro : Dengan begitu banyak informasi di ujung-ujung jari kita, waktu henti telah memberikan cara untuk memilah-milah setiap saat dengan potongan informasi, pendidikan, dan hiburan seukuran gigitan yang tampaknya mengemas kehidupan kita dengan produktivitas.
Mitos Multitasking : Dalam dunia modern yang semakin jenuh dan multitasking, semakin banyak bukti yang muncul untuk menunjukkan bahwa ketika kita melakukan semuanya sekaligus, kita mengorbankan kualitas dan seringkali keselamatan dari setiap hal yang kita lakukan.
Berlomba-lomba untuk Validasi : Dalam dunia hiper-ekspresi diri, jurnal publik yang kronis, dan bentuk-bentuk ekspresi digital lainnya, konsumen menciptakan diri publik yang mungkin memerlukan validasi bahkan lebih dari diri mereka yang sebenarnya.
Keberlanjutan : Dunia telah berubah menjadi hijau, dan sekarang perhatian bergeser di luar daur ulang dan lingkungan yang ramah lingkungan menjadi perhatian yang semakin besar akan kekuatan dan keagungan air planet ini.
Komentar
Posting Komentar